Prosedur untuk Menjaga Diri dari Covid

Kebijakan SAFEnet Untuk Memerangi Virus Corona – SAFEnet
Image : https://id.safenet.or.id/2020/03/safenet-ikut-memerangi-virus-corona/

[Bahasa Indonesia]

Hallo semua! Kalian tahu sendiri kan bahwa sekarang dunia sedang dilanda musibah pandemi, dimana pandemi tersebut penularannya sangat cepat dan berbahaya untuk semua orang?
Yup! Kalau kalian menebak, Covid-19 kalian benar sekali! Sebenarnya apa sih Virus Covid-19 ini? 
Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.

Nah, Virus Covid-19 ini sangat berbahaya loh temen-temen! Penyebarannya sangat cepat dan diketahui bahwa sudah banyak sekali orang yang terinfeksi virus ini. Walaupun, memang tak sedikit juga para pasien yang memang bisa survive dari penyakit ini, namun tidak sedikit juga mereka yang meninggal dikarenakan terinfeksi virus ini. Lalu bagaimana sih prosedur yang tepat agar kita dapat menjaga diri dari serangan Covid-19 ini?

  1. Rajin Mencuci Tangan : Dimanapun kalian berada, sebisa mungkin kalian harus rajin-rajin untuk mencuci tangan kalian, sebelum maupun sesudah kalian menyentuh sesuatu.
  2. Hindari Memegang Bagian Wajah : Kalian jangan sering-sering menyentuh wajah kalian ketika tangan kalian kotor ya! Ini berbahaya loh, karena apabila ternyata tangan kita kotor dan membawa virus, penyebarannya akan sangat cepat!
  3. Selalu Bawa Hand-Sanitizer : Jika kalian terpaksa untuk berpergian/keluar rumah, jangan lupa untuk selalu membawa hand-sanitizer. Hand-sanitizer bisa digunakan sebagai alternatif untuk mencuci tangan, walaupun begitu sebisa mungkin tetap cuci tangan di bawah air mengalir ya!
  4. Menerapkan Social Distancing : Apabila kalian ada di luar rumah kalian, jangan lupa terapkan social distancing! Ini penting loh temen-temen. Kalian harus menjaga jarak antara satu sama lain, paling tidak 2-3 meter dari orang lain, tujuannya agar virus ini tidak menyebar dengan cepat apabila ternyata ada orang lain yang terinfeksi virus ini namun masih berkeliaran di luar rumah.
  5. Menetapkan Quarantine Mandiri (Di rumah aja) : Yuk, untuk kalian yang masih sering berkeliaran di luar rumah hanya untuk hal-hal yang kurang penting sebisa mungkin sekarang di kurangi ya! Dengan menetapkan karantina mandiri ini kita bisa membantu untuk pencegahan dalam penyebaran virus covid loh!
  6. Patuhi Protokol Kesehatan : Hayoo, siapa nih yang masih bandel dan menolak untuk mengikuti protokol kesehatan? Temen-temen, dibiasakan yuk untuk mematuhi anjuran pemerintah, karena ini demi kebaikan kita semua loh! Enggak hanya kebaikan orang lain, namun untuk diri sendiri juga!
  7. Jaga Selalu Imunitas Tubuh : Selain mematuhi semua protokol kesehatan di atas, ada baiknya kalian juga menjaga imunitas tubuh agar tubuh selalu kuat dan sehat, sehingga virus covid-19 ini susah menginfeksi tubuh kalian karena imunitas tubuh yang kuat.
Nah, kalian sekarang sudah tahu kan apa saja yang harus dilakukan? Yuk mulai sekarang biasakan diri untuk memulai hal-hal yang baik. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian ya! Terimakasih telah membaca. 😊

- Kelompok 3
XI IPS 4
(Reyner, Riki, Mawar, Tabitha)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pandemi Pada Era Kolonial?