Ketenagakerjaan di Era New Normal

Tenaga Kerja Asing Masuk RI Melesat 38%, Terbanyak Asal China
Image : detik.com

[Ekonomi]

Halo! Kali ini kami ingin membahas tentang dampak adanya era new normal dalam ketenagakerjaan. Ternyata dampak yang diberikan sangat banyak loh! Yuk kita bahas bersama! 😁

Sebagai pendahuluan, karena adanya virus covid-19 ini sebenarnya tidak hanya berdampak pada ketenagakerjaan masyarakat Indonesia saja, bahkan dilansir dari beberapa artikel yang kelompok kami dapatkan, karena adanya Covid-19 ini pendapatan nasional ekonomi global menyusut sebesar minus 3% menurut IMF dan termasuk kedalam perekonomian terburuk dan perekonomian global diperkirakan akan tumbuh kembali sebesar 5,8% ; Sedangkan menurut Bank Dunia pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri turun drastis diangka 0% menuju ke fase negatif itu berarti Indonesia pendapatan ekonominya benar-benar memburuk padahal Indonesia sendiripun belum memasuki puncak pandemi Covid-19 namun pendapatannya sudah menurun ke fase negatif. 

Nah, pendapatan Indonesia sendiri saja mengalami penurunan, tentu saja hal ini akan berdampak besar bagi mereka, para masyarakat Indonesia khususnya dalam bidang tenaga kerja. Hasil diskusi yang telah kelompok kami bicarakan karena adanya era new normal ini otomatis akan banyak pekerja yang bekerja dari rumah untuk memutus rantai persebaran covid. Namun tak sedikit juga para pekerja yang di PHK atau dihentikan karena perusahaannya sudah tidak mampu membayar mereka lagi karena kondisi keuangan perusahaan mereka juga menurun drastis. Kenapa bisa menurun drastis? Dimungkinkan karena banyaknya masyarakat yang harus untuk tetap stay at home dan melakukan quarantine mandiri membuat banyak perusahaan kehilangan konsumen pemasaran mereka, hal tersebutlah yang membuat pendapatan dalam perusahaan mereka menurun drastis. Karena hal tersebut, perusahaan terpaksa mengeluarkan banyak karyawan yang ada agar perusahaan tidak bangkrut dan selain itu agar mereka tetap masih dapat membiayai beberapa kepentingan perusahaan. 

Akibatnya semakin banyaklah orang yang menganggur dan mereka cenderung tidak tahu mau melakukan pekerjaan apa di era covid ini, yang menyebabkan angka pengangguran semakin bertambah banyak. Belum lagi, karena adanya kebijakan PSBB juga yang membuat kita harus melakukan karantina di rumah, membuat banyak perusahaan yang akhirnya turun pendapatannya karena berkurangnya keminatan masyarakat dan menyebabkan mereka harus melakukan PHK, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. 

Sebenarnya, para pengangguran bisa membuat beberapa inovasi ide kreatif untuk dijual dalam platform-platform media sosial atau biasa disebut dengan Online Shop. Apabila pemasaran mereka bisa bagus dan mendapat banyak antusias dari masyarakat, pendapatan yang mereka dapatkan bisa membantu mereka untuk menghidupi biaya hidup mereka sehari-hari juga. Online Shop sendiri tidak membutuhkan kita untuk datang ke suatu tempat seperti perusahaan, jadi kita dapat mengendalikannya sendiri di rumah. Selain mendapat keuntungan untuk diri sendiri, kita juga sudah mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid.

Namun, ada beberapa perusahaan yang masih tetap mempekerjakan banyak karyawan, disitu perusahaan memiliki tugas dan kewajiban untuk tetap mengharuskan seluruh karyawannya mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, membawa handsanitizer, melakukan jaga jarak dan tak lupa untuk selalu mencuci tangan, hal tersebut dilakukan untuk membantu penyebaran virus Covid-19 ini semakin berkurang.



Terimakasih sudah membaca artikel kami, semua pendapat kami sudah cukup kami tuliskan disini. 😁


- Kelompok 3

XI IPS 4 

(Reyner, Riki, Mawar, Tabitha) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pandemi Pada Era Kolonial?

Prosedur untuk Menjaga Diri dari Covid