Jalur Transportasi dan Perdagangan Indonesia

√ Perkembangan Jalur Transportasi dan Perdagangan Indonesia
Image : https://cerdika.com/perkembangan-jalur-transportasi-dan-perdagangan-indonesia/

[Geografi]

Halo! Di kesempatan kali ini, kami ingin membahas bagaimana sih jalur transportasi dan perdagangan di Indonesia? Yuk kita bahas bersama! 😉

Indonesia sebagai poros maritim dunia dan didukung tempat yang sangat strategis memanfaatkannya sebagai jalur perdagangan internasional maupun antar pulau di Indonesia. Kalian tahu gak sih? Jalur perdagangan ini sangat penting loh untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia! Apalagi jalur perdagangan di jalur laut, nggak cuma di jalur laut tetapi juga perdagangan antar pulau dan antarnegara bisa melalui jalur udara dan darat. Jadi, kebijakan pemerintah dalam pembuatan jalan tol laut itu, menurut kalian untuk apa? Ya agar meratakan distribusi antar pulau dan negara dengan biaya yang terjangkau dan efisien!

Namun, tahukah kalian bahwa jalur perdagangan seperti ini sudah di gunakan sejak masa kerajaan? Sehingga dari masa kerajaan terus berkembang hingga ke masa sekarang ini. Namun, di masa kerjaan ternyata ada kerajaan yang sudah lama menguasai seluruh jalur perdagangan maritim di Asia Tenggara, kerajaan manakah itu? Yup! Kerajaan Sriwijaya adalah jawabannya. Tetapi disayangkan pada saat masa kolonial pada waktu itu ada kemunduran yang disebabkan oleh Indonesia yang dijajah oleh Belanda dan Jepang, dimana mereka mengambil dan menguasai jalur perdagangan dan juga menyita kapal-kapal milik Indonesia.

Masih berlanjut lagi di masa orde lama, pada masa ini mulai ada penataan kembali dalam jalur perdagaangan Indonesia, tetapi sangat disayangkan ternyata mengalami kemunduran kembali pada saat masa orde baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto. Tetapi akhirnya pada masa reformasi, presiden-presiden yang memimpin membangkitkan perdagangan dengan berbagai cara hingga akhirnya bisa kembali normal seperti saat ini.

Nah, segitu dulu ya hasil diskusi yang dapat kelompok kami berikan. Terimakasih telah membaca! ^^

- Kelompok 3
XI IPS 4
(Reyner, Riki, Mawar, Tabitha)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pandemi Pada Era Kolonial?

Prosedur untuk Menjaga Diri dari Covid